ANALISA SWOT pada ZALORA.COM

Celoteh Warga

Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah analisis internal maupun eksternal yang meliputi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) suatu organisasi atau perusahaan untuk metode perancangan yang strategis.

Gambaran umum perusahaan

Zalora adalah situs web belanja kebutuhan fashion yang menawarkan produk-produk dari berbagai brand termuka, baik local maupun internasional. Zalora Indonesia di dirikan pada tahun 2012 dan merupakan cabang dari situs belanja on-line terbesar di Eropa. Situs belanja online ini merupakan salah satu cabang dari toko online terbesar di Eropa, Zalando. 


Strengths

  • Zalora baru-baru ini mengumumkan bahwa perusahaannya telah menerima pendaanan dari salah satu grup retail terbesar di eropa, sebesar 20 juta euro. 
  • Zalora mengumumkan pendanaan tambahan dari investment AB kinnevik dan Summit Partners dengan detail finansial yang tidak di buka publik.
  • Zalora telah memulai pendirian pusat pengembangan software untuk regional berpusat di singapura. 
  • Zalora sebagai pemimpin industri e-commerce fashion dan kecantikan


Weakness

  • Masih banyak orang yang tidak percaya dengan berbelanja online karna mereka berpikiran bisa saja kalo di tipu. 
  • Pelayanan pada Zalora agak lambat dan tidak ada konfirmasi dari pihak zalora.


OPPORTUNITIES

  • Zalora akan semakin berkembang, dengan adanya system kerja yang di terapkannya dan dapat menghasilkan produk baru yang banyak di minati customer/ permintaan dari customer, jika produk sesuai, bagus dan memuaskan konsumen otomatis akan laris terjual. 
  • Mampu bersaing dengan jenis perusahaan online manapun apalagi dengan keputusan untuk membangun pusat teknologi di Singapura di dasarkan pada suber daya manusia, universitas yang unggul dengan lulusan ilmu komputer yang tersebar di negara tersebut.
  • Zalora akan menembus pangsa pasar.



THREATS

  • Dikhawatirkan adanya pembuatan website palsu, persaingan harga, kualitas, persaingan secara global, tidak adanya jaminan bahwa transaksi e-commerce terbebas dari upaya perusakan atau pemanipulasian data dan tentu ini merupakan ancaman bagi zalora, apabila zalora tidak segera mengevaluasi keterlambatan respon bagi pihak zalora itu akan mengancam penurunan reputasi untuk perusahaan zalora itu sendiri.


Comments