Analisa SWOT pada BukaLapak

Celoteh Warga

Gambaran umum perusahaan

  • Sebuah online marketplace terkemuka di Indonesia yang dijalankan oleh PT.BUKALAPAK.
  • Bukalapak menjadi salah satu dari 4 perusahaan rintisan yang nilai valuasinya lebih dari $1 miliar asal Indonesia pada tahun 2017
  • BukaLapak didirikan oleh Achmad Zaky, Muhammad Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono.


STRENGTH

  • Inovasinya yang cepat dibenahi, khususnya dari sisi tampilan yang lebih terlihat lebih baik.
  • Dapat menggunakan metode drop and drag hingga 5 gambar sekaligus.
  • Manajemen stok produk yang lebih akurat. Sehingga mencegah pembeli membayar stok ptoduk yang kosong.
  • Tersedianya fitur opsi untuk ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi.
  • Adanya fitur diskon pada produk yang dijual, bahkan pihak Bukalapak juga kerap menyediakan promo diskon yang dapat meningkatkan penjualan.
  • Fitur premium terlihat lebih jelas dan bagus, dan pastinya Gratis
  • Tampilan yang simple dan tidak berat.
  • Proses transfer yang cepat, dana akan masuk ke bukadompet setelah 1 hari data tracking produk sampai ke pembeli.
  • Tingkat keamanan yang tinggi dengan adanya fitur OTP



WEAKNESS

  • Warna dasar tema tampilan yang terlalu mencolok, sehingga kurang enak dipandang.
  • SEO yang tidak optimal saat dicari melalui Google.
  • Fitur deksripsi barang yang belum memadai karena dimensi kotaknya sangat kecil. Bahkan sering error hingga tag html terbawa pada tulisan.
  • Fitur Quick Buyer yang terkadang mengganggu penjual karena tidak dapat menghubungi pembeli secara langsung.
  • Waktu proses pemesanan yang sangat singkat, karena hanya diberikan waktu 2 hari untuk menginputkan nomor resi pengiriman
  • Notifikasi yang sering terlambat masuk, bahkan terkadang fitur ini berkesan kurang bermanfaat karena kendala tersebut.
  • Tidak memiliki fitur untuk melakukan black-list pada pembeli yang bermasalah.


Opportunities

  • Pemerintah berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia
  • Banyak masyarakat Indonesia yang melek terhadap teknologi mendorong pasar e-commerce di Indonesia. 
  • Internet yang menjangkau hampir seluruh pelosok Indonesia sehingga Bukalapak dapat menjangkau seluruh Indonesia. 
  • Gaya hidup konsumtif masyarakat Indonesia dapat dimanfaatkan untuk mendatangkan keuntungan bagi para penjual di situs Bukalapak



THREAT

  • Banyaknya marketplace sejenis menyebabkan persaingan dengan situs jual beli lain tidak bisa dihindari. Salah satunya adalah persaingan penetapan harga yang agresif dapat menjadi sumber masalah bagi Bukalapak.
  • Persaingan dengan toko retail lokal yang dapat menjangkau pelosok-pelosok daerah
  • Belum adanya peraturan perundang-undangan yang mengatur terkait jual beli online menyebabkan belum ada kejelasan di mata hukum. Kerangka peraturan yang belum jelas ini dapat menyebabkan peningkatan biaya.
  • Cyber crime semakin merajarela menyebabkan munculnya ancaman untuk keamanan transasksi di Bukalapak. Pencurian identitas dan peretasan membuat data konsumen terkespos. Hal ini akan memunculkan kekhawatiran konsumen.
  • Biaya pengiriman yang tida dapat dikontrol dapat menghalangi terjadinya transaksi jual beli di situs Bukalapak.
  • Banyaknya penjual dan pembeli di dalam situs Bukalapak menyebabkan kesulitan dalam hal pengawasan sehingga penipuan terkait barang yang dijual maupun yang dibeli rawan terjadi.


Comments