Analisis SWOT Pada PT PERTAMINA (PERSERO)

Celoteh Warga


Analisis SWOT adalah perkembangan hubungan atau interaksi antar unsur internal, yaitu kekuatan dan kelemahan terhadap unsur eksternal yaitu peluang dan ancaman. 

Di dalam penelitian analisis SWOT dapat diperoleh hasil berupa kesimpulan
4 strategi utama yaitu :

  1. SO/maxi-mini (Aggressive Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk mengambil kesempatan yang ada di luar.
  2. WO/mini -maxi (Turn Around/TA) yaitu menggunakan kesempatan eksternal yang ada untukmemaksimalkankesempatan yang ada.
  3. ST/maxi-mini (Diversification Strategy) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk menghindari ancaman yang ada di luar.
  4. WT/mini-mini (Turn Around ) yaitu meminimalkan kelemahan dan ancaman yang mungkin ada.

PT Pertamina adalah perusahaan milik negara (BUMN) terbesar di Indonesia dalam hal pendapatan dan labanya. Perusahaan ini aktif di sektor hulu dan hilir industri minyak dan gas. Sektor hulu meliputi eksplorasi dan produksi minyak, gas dan energi panas bumi, sementara kegiatan hilir mencakup pengolahan,pemasaran,perdagangan dan pengiriman.

ANALISIS SWOT TERHADAP PT. PERTAMINA (PERSERO)

 A. Strength (Kekuatan)

Kekuatan internal pada PT. PERTAMINA (Persero):

  • Menyediakan produk yang berkualitas tinggi
  • Produk dari PERTAMINA sudah memiliki pengakuan dari dunia internasional.
  • Diantaranya produk oli dari PERTAMINA yang sudah memiliki sertifikat ISO.


2. Memiliki pelayanan yang baik

  • Untuk pelayanan, sudah dapat mendistribusikan produknya ke seluruh penjuru
  • Indonesia bahkan sampai ke daerah-daerah terpencil.

3. Sumber daya manusia yang handal

  • SDM di PT PERTAMINA (PERSERO) merupakan orang-orang yang sudah
  • profesional di bidangnya. Memiliki kemampuan dan pengalaman yang sudah teruji.
  • Selain itu pelatihan dan seminar yang berhubungan dengan dunia bisnis banyak diikuti oleh para karyawan, yang dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan kemampuannya.

4. Pengalaman di bidang migas

  • PERTAMINA sudah bergerak di bidang migas di indonesia sejak tahun 1968.
  • Dengan pengalaman yang cukup lama di bidang migas, faktor ini dapat menjadi salah satu nilai tambah. Pengalaman dan pengakuan dari dunia internasional berhubungan dengan dunia migas menjadikan PERTAMINA cukup disegani dibidang migas.

5. Penggunaan teknologi informasi yang terintegrasi

  • Teknologi informasi di PERTAMINA sudah terintegrasi dan mendukung proses bisnis perusahaan. Dengan adanya Divisi SBTI, ini menunjukkan adanya kepedulian yang cukup tinggi dari pihak manajemen untuk mengembangkan teknologi informasi.

B. Weaknesses (Kelemahan)

Kelemahan internal pada PT. PERTAMINA (Persero):

1. Kurangnya modal

  • Kendala PERTAMINA saat ini adalah kekurangannya modal dalam hal kegiatan
  • eksplorasi dan eksploitasi sumber daya alam, sehingga pihak manajemen
  • membangun kerjasama dengan pihak asing untuk melakukan tersebut.


2. Masalah birokrasi yang menghambat kinerja

  • Birokrasi yang terlalu rumit menghambat proses pengambilan keputusan karena
  • terlalu banyak waktu yang terbuang untuk menjalankan suatu keputusan.


3. Penempatan karyawan yang tidak sesuai dengan kemampuan

  • Sumber daya manusia di PT. PERTAMINA banyak yang penempatan dan penggunaannya tidak maksimal sehingga menggurangi efektifitas dan efisiensi perusahaan.


4. Jumlah armada yang kurang

Peningkatan permintaan pasar yang membutuhkan arus distribusi barang yang tinggi dapat terhambat dengan kurangnya jumlah armada pengangkut barang yang ada sekarang ini.

5. Ketergantungan pasokan pada satu pemasok, sehingga apabila terjadi keterlambatan pasokan produk akan mengganggu operasional perusahaan.

C. Opportunities (Peluang)

 Peluang eksternal pada PT. PERTAMINA (Persero):

  • Pasar bisnis yang masih tinggi
  • Penggunaan migas yang merupakan salah satu kebutuhan pokok dunia saat ini
  • membuat permintaan akan produk ini tetap tinggi walaupun terjadi gejolak harga.


2. Harga jual yang murah

  • PERTAMINA dapat menjual BBM dengan harga murah karena pemanfaatan dari
  • subsidi pemerintah. Hal ini dapat digunakan PERTAMINA sebagai salah satu
  • kesempatan untuk menguasai pasar migas di Indonesia.


3. Sumber daya migas yang masih cukup tinggi

  • Sumber cadangan migas yang tersedia di Indonesia masih cukup banyak yang belum
  • tereksplorasi. Cadangan minyak ini dapat digunakan PERTAMINA untuk
  • meningkatkan penjualan dalam memenuhi permintaan pasar.


4. Produk (dengan nilai oktan tinggi yang menghasilkan pembakaran yang lebih bersih,
non subsidi) yang bisa jadi menggantikan dominasi penjualan premium.

5. Sebagai pemimpin dalam pasar Bahan Bakar Minyak (BBM)

PT. PERTAMINA (Persero) memiliki kesempatan unuk megubah pelayanan yang kurang baik dan mengubah Image yang tertancap dibenak konsumennya, menjadikan Konsumennya menjadi konsumen yang memiliki Loyalitas tinggi pada PT. PERTAMINA (Persero).

Ancaman eksternal pada PT. PERTAMINA (Persero):

1. Masuknya pihak swasta untuk beroperasi di bidang Non-BBM

  • Dengan masuknya pihak swasta yang bergerak di bidang Non-BBM cakupan pasar
  • PERTAMINA dalam hal Non-BBM seperti oli menjadi berkurang. Hal ini menjadikan pendapatan PERTAMINA menjadi berkurang.


2. Makin banyaknya pihak swasta yang melakukan eksplorasi migas di wilayah
Indonesia.

  • Pihak swasta yang melakukan eksplorasi Migas di Indonesia kadang mempunyai dana dan peralatan yang lebih bagus dibanding PERTAMINA hal ini menyebabkan lahan minyak mentah yang kaya akan cadangan minyak akhirnya dikelola oleh pihak swasta.

3. Pengaruh Intervensi

  • Dikarenakan PERTAMINA merupakan perusahaan multi internasional, maka
  • adanya pengaruh-pengaruh intervensi di dalam tubuh PERTAMINA khususnya pada
  •  posisi manajemen strategis seperti dewan komisaris. Intervensi ini menyebabkan
  • terbatasnya ruang gerak manajemen untuk menentukan kebijakan yang akan diambil.

4. Pasar bebas

  • Dengan adanya pasar bebas, perusahaan asing yang bergerak di bidang migas
  • diperbolehkan untuk memasarkan hasil produksinya di wilayah Indonesia. Hal ini  akan meningkatkan persaingan bisnis yang ketat.

5. Image bahwa produk yang ditawarkan kompetior (Shell dan Petronas) memiliki
tingkat kualitas yang lebih baik menjadikan ketertarikan konsumen untuk berganti produk konsumsi.

Comments